Thursday, August 23, 2007

DPRD Riau Siap Habiskan Rp 1,6 M Untuk Kunjungan ke LN

2007-08-23 12:42:00

Chaidir Anwar Tanjung - detikcom

Pekanbaru - Seluruh anggota DPRD berancang-ancang akan melakukan kunjungan kerja ke luar negeri. Anggaran yang disiapkan untuk kegiatan ini mencapai Rp 1,6 miliar.

Setidaknya ada lima negara yang bakal ditengok oleh 54 wakil rakyat ini. Salah satunya adalah Itali. Asyiknya lagi, para istri anggota dewan yang terhormat itu boleh turut serta.

Rencana kepergian ini dibenarkan Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Riau, Badrun A Saleh. Namun, sambung Saleh, ada hal yang cukup dilematis. Masyarakat terus memprotes rencana keberangkatan tersebut.

"Satu sisi, Mendagri sudah menyetuji anggaran sebanyak Rp 1,6 miliar. Kalau Mendagri tidak menyetujui anggaran itu, tentulah tidak ada rencana ke luar negeri. Tapi anehnya, dalam APBD kita Mendagri menyetujuinya," terang Badrun kepada detikcom, Kamis (23/8/2007) di gedung DPRD Riau, Jl Sudirman, Pekanbaru.

Anggaran Rp 1,6 miliar itu, digunakan untuk kunjungan kerja ke lima negara, yakni Jepang, Korea, China, Mesir dan Itali. Anggaran tersebut tidak termasuk biaya para istri anggota dewan.

"Yang dianggarkan hanya untuk anggota dewan saja, sedangkan istri menjadi tanggungan sendiri," terang Badrun.

Menurut Badrun, sampai saat ini belum ada kepastian mengenai jadwal keberangkatan anggota DPRD Riau tersebut. Dia juga mengaku masih mempertimbangkan akan ikut dalam acara itu atau tidak.

Namun sumber detikcom di DPRD Riau, mengatakan program kunjungan kerja ini belum tentu terlaksana. Sebab sesuai surat edaran Mendagri, untuk kunjungan penjabat ke luar negeri harus ada surat undangan dari negara yang bersangkutan.

"Sejauh ini, DPRD Riau belum menerima undangan dari ke lima negara tujuan tadi. Apa lagi, Mendagri juga belum mengeluarkan izin keberangkatan tersebut," tutur Badrun. (cha/djo)

http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/08/tgl/23/time/124249/idnews/820707/idkanal/10

No comments: