Tuesday, May 15, 2007

KE CIANJUR, JANGAN LUPA MENCICIP GECO IDING

Metrotvnews.com, Cianjur: Mendengar nama Kota Cianjur, masyarakat tentu langsung ingat akan beras Cianjur dan tauco. Ya, memang kota di belahan Jawa Barat ini termashur dengan beras dan tauconya--kacang kedele yang diolah sedemikian rupa dan dimasak serta dicampur dengan cabe rawit. Tapi jangan salah, di Cianjur juga tersedia aneka ragam manisan, yakni jenis makanan olahan dari berbagai buah-buahan dengan bermacam-macam rasa (asin, manis, pedas).

Tapi, untuk yang satu ini, boleh jadi belum banyak yang tahu. Ya, Geco alias toge tauco. Dengan rasa dan aroma yang sangat khas, makanan ini kini sudah gampang ditemui di Cianjur. Salah satunya di warung makan sederhana milik Iding di Jalan Siti Jenab. Warung Iding ini memang hanya menyediakan satu jenis makanan, yakni Geco.

Seperti namanya, bahan utama makanan ini sayur toge dan bumbu tauco. Iding mengkombinasikannya dengan irisan ketupat, kentang rebus dan tahu kunig serta mi. Sejumlah penggemar makanan ini mengatakan kompoisis Geco mirip dengan gado-gado. Neneng, langganan setia Warung Iding mengatakan, kelezatan Geco terletak pada variasi rasanya yang sangat lengkap. "Asemnya ada, pedes ada, seger," aku Neneng yang sudah berlangganan sejak kecil.

Untuk mendapat rasa Geco yang pas di lidah penggemarnya, bukah hal mudah. Iding mengaku belajar membuat Geco langsung dari almarhum ayahandanya yang sudah berjualan Geco sejak 1957. Rahasinya pada kualitas tauco dan keterampilan meramu bahan serta bumbu lainnya.

Bagi yang berminat membuat sendiri Geco di rumah, caranya cukup mudah. Iding berpesan sayur toge dipilih yang benar-benar segar. Demikian pula bahan-bahan lainnya. Semua bahan yang sudah diiris kecil ditaruh di piring. Setelah itu toge rebus setengah matang dimasukkan. Terakhir, siram dengan kuah tauco kental. Jangan lupa, kecap manis dan sedikit cuka. Dan Geco dari Iding pun sidap dihidangkan.(DEN)

No comments: