Tuesday, May 15, 2007

NASI JAMBAL DAN TIMBEL KHAS RESTORAN GILI-GILI


Metrotvnews.com, Bogor: Makanan tak hanya dapat dinikmati dari rasa yang dikecap. Terkadang penikmat kuliner juga ingin dimanjakan dengan 'roh' alam pedesaan yang indah, sehingga selera makan makin mengasyikkan. Boleh jadi itulah yang mendasari pemilik Restoran Gili-gili di Kota Bogor, Jawa Barat. Restoran ini memanjakan konsumennya dengan menikmati makanan diiringi nuansa sawah membentang.

Restoran Gili-gili yang berada di pusat kota bernuansa pedesaan dengan hamparan sawah di sekelilingnya. Menu khas Sunda, yakni nasi jambal dan nasi timbel menjadi andalan suguhan resto di Jalan Pajajaran ini. Menu nasi jambal merupakan nasi yang telah dicampur menyatu dengan ikan asin jambal. Tak hanya itu. Menu ini ditambah lauk pelengkap, seperti empal, goreng tahu, oseng oncom, lalap, yang bisa melengkapi bermacam rasa dari kuliner yang dicicipi.

Begitu pula dengan nasi timbel. Nasi yang di bungkus dengan daun pisang ini bersanding bersama sayur asam sebagai teman bersilat lidah. Selebihnya lauk pelengkap plus lalapan juga menyertai nasi timbel, serupa penyajiannya dengan nasi jambal. Dan tentu saja rasa sambal yang pedas menggugah selera para penikmat nasi jambal serta nasi timbel di restoran ini.

Menurut Didin Mardiansyah, pengelola Restoran Gili-gili, para pengunjung tak hanya terbuai dengan enaknya masakan. Nuansa pedesaan dengan pemandangan sawah terhampar di sekeliling pun disesuaikan dengan makna kata Gili-gili dari bahasa Sunda yang berarti pematang sawah. Bagi para pengunjung yang membawa anak-anak tersedia pula tempat bermain yang cukup memadai. Dengan lahan yang cukup luas, para pengunjung dapat memilih, menyantap makanan dengan duduk di kursi atau lesehan bersama di saung yang telah disediakan.(DEN)

No comments: