Tuesday, May 15, 2007

TAHU TEK ASAL LAMONGAN


Metrotvnews.com, Lamongan: Tahu tek! Hmm... Inilah makanan khas Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Mungkin Anda heran mengapa makanan khas ini dinamakan demikian? Disebut tahu tek karena tahu, kentang, lontong dan telur dipotong-potong menggunakan gunting, sehingga mengeluarkan bunyi tek-tek yang khas.

Untuk membuat tahu tek, terlebih dahulu disiapkan bahan-bahannya. Pertama kali, tahu, telur dan kentang digoreng. Sambil menunggu matang, bumbu-bumbu disiapkan. Untuk membuat bumbunya, disiapkan bawang putih, kacang dan petis. Jika ingin pedas, bisa ditambahkan cabe sesuai selera. Semua bahan bumbu dihaluskan sambil ditambah air sedikit demi sedikit.

Setelah bumbu siap, bahan yang sudah digoreng dimasukkan ke piring bersama lontong dan taoge. Bunyi khas gunting untuk memotong semua bahan inilah yang menjadikan sang penjual dikenali pelanggannya. "Setelah semua bahan siap, barulah, bumbu petis disiramkan dan ditambah kerupuk," kata Saean, penjual tahu tek.

Menilik bahan-bahannya, tahu tek tidak ubahnya makanan sejenis ketoprak atau gado-gado. Namun, bumbu kacang ditambah petis, sehingga aroma udangnya makin terasa. Saifudin yang mengaku penggemar tahu tek mengaku, makanan ini jauh lebih nikmat dan segar jika dimakan siang hari. Untuk menikmatin tahu tek, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 3000 per satu porsinya.(DOR)

No comments: