Tuesday, May 15, 2007

KUE KENYAL KELAPA MUDA GORENG DARI KEDIRI

Metrotvnews.com, Kediri: Kesegaran es kelapa muda mungkin sudah sering Anda nikmati. Namun, di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Anda akan menemukan kelapa muda goreng yang dinikmati bersama es kelapa muda. Selain manis, kue ini juga berasa gurih dan kenyal khas rasa kelapa muda. Hhmmm...nikmat!

Salah satu tempat untuk menikmati Anda bisa pergi warung kelapa muda milik Solekhan alias Kancil. Warung tak hanya menyajikan es kelapa muda seperti warung lain, tapi warung Kancil di Kelurahan Bandar, Mojoroto, Kediri, ini Anda akan menemukan degan goreng. Degan dalam bahasa Jawa berarti kelapa muda.

Sekilas, kelapa muda goreng ini tak berbeda dengan kue goreng lain. Cara pembuatannya pun tidak berbeda dengan cara membuat gorengan lain. Kelapa muda cukup dicampur dengan tepung terigu dan gula pasir. Yang membuatnya berbeda adalah proses pencampuran seluruh adonan harus memakai air kelapa. Campuran air kelapa ini agar rasa gurih khas kelapa muda makin terasa. Setelah seluruh adonan tercampur merata barulah siap digoreng.

Kancil mengaku mulai terinspirasi membuat kelapa muda goreng karena banyaknya kelapa yang terlalu tua dibuat es kelapa. Karena itu, ia mencoba membuat kelapa goreng. Ternyata eksperimennya makin hari makin diminati.

Menurut para penggemarnya, kelapa goreng ini rasanya perpaduan manis, gurih dan kenyal khas rasa kelapa. Selain rasanya yang enak, mereka mengaku gorengan ini bisa meningkatkan vitalitas. "Apalagi harganya cukup murah," kata Silvi, seorang pembeli. Satu kue hanya dijual Rp 500.

Menikmati kue kelapa muda goreng ini bisa sekaligus meneguk kesegaran es kelapa muda. Namun, jika belum puas, Anda bisa membungkus kue sekaligus es kelapanya. Dalam sehari, sedikitnya 300 kue terjual habis di warung Kancil.(DOR)

No comments: