Tuesday, August 28, 2007

Jaksa Agung AS Mengundurkan Diri

2007-08-28 02:16:00

Arry Anggadha - detikcom

Washington - Jaksa Agung Amerika Serikat (AS) Alberto Gonzales menyatakan mengundurkan diri. Pengunduran diri ini menyusul kritikan tajam yang mengarah kepadanya dan mengatakan dirinya tidak kompeten memimpin kejaksaan.

Gonzales yang dikenal sebagai sekutu Presiden George W Bush ini menjadi sorotan ats sejumlah keputusan yang dinilai kontroversial, seperti memecat 9 jaksa federal. Diduga, pengunduran dirinya memiliki motif politik untuk mempengaruhi penyelidikan terhadap sejumlah anggota parlemen.

"Kemarin, saya telah bertemu dengan Presiden Bush dan memberitahukan kepadanya tentang keputusan saya untuk mundur sebagai jaksa agung mulai 17 September 2007," kata Gonzales seperti dikutip dari AFP, Senin (27/8/2007).

Menanggapi pengunduran diri tersebut, Bush terpaksa harus menyetujuinya. "Al Gonzales adalah orang yang memiliki integritas, sopan, dan memiliki prinsip. Saya harus menerima pengunduran dirinya," kata Bush di Waco, Texas sesaat pengunduran diri Gonzales.

Keputusan Gonzales yang dinilai kontroversi lainnya adalah ketika dia membuat kebijakan untuk mematai pejabat tanpa dilengkapi jaminan. Keputusan ini membuat konggres geram.

Pengunduran Gonzales ini menjadi pejabat keempat yang mengundurkan diri karena dinilai tidak kompeten dalam melaksanakan tugasnya.

Pejabat pertama yang mengundurkan diri adalah Donald H Rumsfeld. Arsitek perang Irak ini mengundurkan diri sebagai menteri pertahanan pada November 2006 lalu.

Setelah itu adalah Paul Wolfowitz. Presiden Bank Dunia ini dinilai menerapkan KKN selama bekerja di lembaga tersebut. Pejabat terakhir yang mengundurkan diri adalah Karl Rove, penasihat Bush. (ary/ary)

http://jkt1.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/08/tgl/28/time/021602/idnews/822373/idkanal/10

No comments: