Thursday, July 05, 2007

Kopi Langka dari Hewan Langka

Liputan6.com, Denpasar: Jangan mengaku sebagai penikmat minuman kopi bila belum merasakan kopi luwak. Kopi luwak memang bukan kopi sembarangan. Jenis kopi ini merupakan hasil pemisahan antara biji kopi yang dimakan hewan luwak atau sejenis musang jawa dengan kotorannya. Kopi yang jarang diperoleh ini juga harus disajikan dengan spesial.

Kopi langka ini salah satunya dapat dinikmati di Bali. Tepatnya di sebuah kedai kopi di Sanur, Denpasar, Bali. Ketika dikunjungi SCTV belum lama ini, sang pemilik kedai bernama Wirawan Jayadi menuturkan cara penyajian kopi luwak. Pertama, biji kopi diletakkan di bagian tengah teko aluminium bertekanan. Air mineral kemudian direbus dalam suhu 89 derajat Celsius. Nah, uap yang menekan kopi akan keluar di bagian atas sehingga menjadi kopi cair. Dan siaplah secangkir kopi untuk dinikmati.

Namun, bukan hal yang mudah untuk mencari biji kopi dari fases luwak. Apalagi, panen kopi luwak hanya 30 kilogram setahun di Indonesia. Lantaran itulah, jangan terkejut bila Anda disodori tagihan Rp 200 ribu per cangkir kopi.(ANS/Frans Ambudi dan Agus Ginanjar)

No comments: