Friday, July 27, 2007

MUI: NKRI Sudah Final

2007-07-27 02:34:00

Irwan Nugroho - detikcom

Jakarta - Bentuk dan eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah final dan mengikat bagi seluruh elemen bangsa Indonesia. Umat Islam sebagai bagian terbesar wajib memelihara keutuhan NKRI.

Demikian salah satu butir penyataan sikap Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan pemimpin ormas-ormas Islam mecermati perkembangan akhir-akhir ini serta kondisi umat Islam di Indonesia. Pernyataan itu disampaikan pada acara peringatan Milad MUI ke-32 di Hotel Sultan, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (26/7/2007).

Hadir antara lain Ketua MUI KH Sahal Mahfudh, Menteri Agama Maftuh Basyuni, Wakil Ketua MPR Aksa Mahmud, Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie, dan sejumlah perwakilan duta besar.

"Deklarasi ini menjadi pesan yang sangat jelas bahwa umat Islam yang terwadahi dalam ormas-ormas Islam tidak mentolerir setiap upaya pemisahan diri dari NKRI (separatisme), serta upaya merubah bentuk negara kita," ujar Sahal.

Menurut Sahal, komitmen tersebut sebenarnya telah diteguhkan pada 2006 melalui Ijtima` ulama. Dalam pertemuan itu, kurang lebih seribu ulama se-Indonesia turut mengamini.

"Garis kebijakan MUI menyatakan bahwa perjuangan amar maruf nahyi munkar dan perjuangan lil-i`lai kalimatillah di negeri tercinta ini harus tetap dalam bingkai NKRI," ujarnya. (irw/ary)

(news from cache) - Reload from Original

http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/07/tgl/27/time/023406/idnews/810029/idkanal/10

No comments: