Monday, July 23, 2007

Kota Militer Terbesar di Mesir Ditemukan

Rafiqa Qurrata A - detikcom


Kairo - Kota militer paling besar pada masa Firaun ditemukan di Mesir. Kota itu merupakan bagian dari rangkaian benteng yang membentang di sepanjang gurun Sinai ke arah perbatasan Gaza, Palestina.

Penemuan itu menunjukkan peninggalan dinasti Firaun ke 18 dan 19 atau sekitar 1560 hingga 1081 sebelum Masehi. Demikian dilaporkan AFP, Senin (23/7/2007).

"Tiga benteng merupakan bagian dari deretan 11 kastil yang dibangun oleh jalur tentara Horus yang meninggalkan Suez menuju ke Kota Rafah, batas Mesir dengan Palestina," kata pimpinan Badan Tertinggi Barang Antik Mesir Zahi Hawwas.

Benteng Tharo adalah markas militer untuk pertahanan wilayah timur Mesir. Dinding benteng ini disusun oleh batu bata yang terbuat dari lumpur setebal 13 meter. Dinding itu memiliki panjang 500 meter.

Terdapat pula 24 menara besar dan bangunan administratif benteng. Antara lain berupa kuil, pertokoan dan pasar.

Benteng itu dikelilingi parit air lumpur yang hanya bisa dilintasi dengan jembatan kayu yang dapat dilepas. Perairan di bawahnya dikerumuni buaya.

Parit yang terhubung dengan Sungai Nil itu sangat berguna untuk mengamankan ibukota yang dikuasai Firaun Ramses II itu. Saat itu Firaun yang berasal dari dinasti ke 19 menumpas lawannya, Hitite di wilayah Levant.

Sebelumnya, ekspedisi Amerika menemukan lapangan seluas 100 meter yang juga dikeliling parit besar. Lapangan yang dikenal sebagai 'Sarang Singa' itu berada 7 km di sebelah timur Tharo di Tel Al Burj.

Sementara 15 kilometer ke sebelah timur, ekspedisi Prancis menemukan benteng yang agak lebih kecil yang dibuat oleh ayah Ramses, Seti I di Tel Heir. (fiq/ndr)

http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/07/tgl/23/time/054831/idnews/807975/idkanal/10

No comments: