Monday, July 23, 2007

Orang Belanda Kurang Jujur

007-07-23 20:16:00

Eddi Santosa - detikcom

Den Haag - Orang Belanda bukan orang yang jujur. Setidaknya itulah konklusi majalah Readers Digest. Jika menemukan barang, mereka enggan mengembalikan.

Wartawan Readers Digest meletakkan 960 ponsel di kota-kota besar dari 32 negara, masing-masing sebanyak 30 ponsel.

Dari 30 ponsel yang sengaja diletakkan di Amsterdam, tercatat hanya 14 saja yang dikembalikan, sedangkan 16 lainnya langsung dikantongi penemunya. Angka ini menempatkan Belanda pada rangking 29 dalam jajak kejujuran, demikian Readers Digest dalam pernyataan hari ini, Senin 23/7/2007, sebagaimana dilansir de Volkskrant.

Disebutkan bahwa orang-orang yang datang ke Amsterdam sebagai turis jauh lebih jujur daripada warga asli Belanda. Tercatat dari 4 turis asing yang menemukan ponsel di jalan, semuanya mengembalikan.

Dari jajak itu juga ditunjukkan bahwa perempuan lebih jujur daripada laki-laki. Dari 21 ponsel yang ditemukan kaum laki-laki, hanya 9 yang dikembalikan. Sementara kaum perempuan mengembalikan 7 dari 9 ponsel yang mereka temukan di jalan.

Readers Digest menyimpulkan warga Ljubljana, ibukota Slovenia, sebagai warga paling jujur. Dari 30 ponsel yang ditemukan sebanyak 29 dikembalikan kepada yang punya. Hongkong dan Kuala Lumpur menempati posisi berikutnya. Warga dua kota itu mengembalikan 13 dari 30 ponsel yang ditemukan.

Usia juga ternyata tidak menentukan dalam jajak kejujuran ini. Di Amsterdam sepasang lansia langsung mengantongi ponsel yang mereka temukan. Sementara di New York seorang remaja 16 tahun datang bersama temannya mengembalikan ponsel yang ditemukan.

Mungkin Readers Digest perlu melakukan jajak serupa untuk Jakarta atau kota-kota lain di Indonesia. Hasilnya mungkin tidak terlalu mengejutkan. (es/es)

(news from cache) - Reload from Original

http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/07/tgl/23/time/201605/idnews/808449/idkanal/10

No comments: