Tuesday, July 17, 2007

Dimanakah Jasad Che Guevara?

Arfi Bambani Amri - detikcom

Havana - Badan Intelijen Amerika Serikat (CIA) mengklaim legenda revolusioner Che Guevara dikubur di suatu tempat rahasia di Bolivia. Namun Kuba mengaku jasad Che Guevara sudah dibawa ke Kuba tahun 1997 lalu.

Bukti-bukti forensik pun dibentangkan Kuba. Melalui surat kabar pemerintah Kuba, Granma, disebutkan bahwa bentang antara kedua mata dan tulang tengkoraknya menunjukkan bahwa jasad yang sekarang ditaruh di musoleum di Kuba itu adalah sang revolusioner kelahiran Argentina itu.

"Faktor-faktor menentukan adalah sebuah cetakan gigi-giginya yang tersisa saat dia membuat penyamaran ketika meninggalkan Kuba di pertengahan 1960-an, yang bersama dengan xinar X giginya yang diambil tahun 1950-an di Meksiko," ujar harian itu seperti dikutip dari kantor berita AFP, Senin (16/7/2007).

Bukti lain adalah, sisa-sisa jasad Che Guevara yang tewas ditembak pasukan Bolivia yang didukung CIA itu adalah tanpa tangan. Kedua tangan Che Guevara pada tahun 1967 telah diamputasi untuk dikirimkan ke laboratorium di Argentina untuk diambil sidik jarinya.

Tulisan di Granma itu membantah pernyataan mantan anggota CIA Gustavo Villoldo (71) yang mengaku mengubur Guevara di Vallegrande, Bolivia, Maret 2007 lalu. Menurut Villoldo, kuburan itu belum diketahui oleh khalayak keberadaannya.

Che Guevara yang memiliki gelar dokter ini terbunuh Oktober 1967 di pedalaman Bolivia ketika berjuang bersama gerilyawan kiri Bolivia. Che kemudian tertangkap dan dibunuh oleh pasukan Bolivia yang dibantu CIA.

Penggerak revolusi Kuba bersama Fidel Castro ini kemudian muncul menjadi ikon budaya perlawanan. Gambar-gambarnya muncul di kaos-kaos oblong anak-anak muda. Kisah hidupnya diputar ulang dalam film yang populer tahun 2004 lalu, "The Motorcycle Diaries". (aba/aba)

http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/07/tgl/17/time/000012/idnews/805662/idkanal/10

No comments: