Tuesday, July 17, 2007

Mahfud MD: Gus Dur Lebih Kuat dari Institusi PKB

Muhammad Nur Hayid - detikcom

Jakarta - Ketum PKB Muhaimin Iskandar diminta 'mengalah' kepada Gus Dur. Konflik berkepanjangan di PKB hanya akan semakin menghancurkan partai yang memperjuangkan demokrasi dan pluralisme ini.

"Saya berharap Saudara Muhaimin segera klarifikasi dan tabayyun kepada Gus Dur. Karena kalau tidak, ini akan menggelinding. Di PKB kalau Gus Dur sudah berkehendak, biasanya terjadi," kata mantan Pjs Ketum DPP PKB Mahfud MD di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (17/7/2007).

Contoh konkret kuatnya Gus Dur di PKB, imbuh dia, terlihat saat konflik dengan almarhum Matori Abdul Djalil. Saat Matori diangkat menjadi menteri oleh Megawati, Gus Dur langsung memerintahkan Muktamar Luar Biasa (MLB). Tidak kurang 24 jam, DPC dan DPW langsung mengirim fax dukungan MLB yang digulirkan Gus Dur.

"Kalau mau berpolitik di PKB harus paham bahwa personaliti Gus Dur lebih kuat dari institusi PKB. Orang harus paham ini," cetusnya.

Mengenai kemungkinan MLB, Mahfud menilai tidak produktif untuk membangun partai yang profesional. Karena itu sejauh mungkin hal ini harus dihindarkan. Selain itu, MLB juga akan semakin memperbanyak kemungkinan orang lain campur tangan merusak PKB.

"Secara politik itu banyak kepentingan. Kalau benar MLB akan semakin keruh nanti. Jadi lebih baik diselesaikan saja. Jadi saya tidak setuju MLB. Saya berharap tidak terjadi," kata eks menteri pertahanan ini.
(umi/nrl)

http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/07/tgl/17/time/120220/idnews/805851/idkanal/10

No comments: