Wednesday, September 19, 2007

Eks Bupati Bebas, Gadis Korban Kekerasan Seksual Kecewa

2007-09-19 13:42:00

Gede Suardana - detikcom

Denpasar - Mantan Bupati Karangasem Gede Sumantara dibebaskan dari jeratan kekerasan seksual pada anak di bawah umur oleh PN Karangasem. Korbannya, SWD kecewa dengan putusan tersebut.

"Saya merasa sedih, kecewa dan marah dengan putusan bebas itu. Seolah-olah saya dipojokkan karena dianggap membuat cerita palsu," kata SWD dalam jumpa pres di Kantor Lembaha Bantuan Hukum (LBH) Bali, Jl. Plawa, Denpasar, Rabu (19/09/2007).

Gadis berparas cantik yang masih duduk di SMA ini mengakui bahwa selama persidangan dirinya diculik oleh Sumantara. Ia dibawa ke Jakarta agar tidak bisa memberikan kesaksian dalam persidangan.

"Di Jakarta saya ditekan dan diancam. Jika tidak menuruti keinginannya, keluarga saya akan dimusnahkan," ujarnya terbata-bata.

Selain melakukan ancaman, Sumantara juga dituding telah menyuap keluarganya sebesar Rp 800 juta agar tidak memperpanjang kasus yang melilit kader PDIP Bali ini. "Saya sudah menduga ia akan dibebaskan karena sebelumnya telah mendekati keluarga saya," katanya.

Direktur LBH Bali Agung Dwi Astika mendukung sikap Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang mengajukan kasasi terhadap keputusan PN Karangasem tersebut. "Kita berharap kasus ini mendapatkan perhatian serius dan memperoleh keadilan di depan hukum," katanya.

Sebelumnya, Ketua Majelis Hakim I Nyoman Sumanada menyatakan tuduhan pelecehan seksual, merayu, atau melakukan tindakan pencabulan lainnya tidak cukup bukti. Keterangan saksi korban tanpa bukti dan saksi-saksi.

Sumantara bebas dari tuntutan JPU selama 6 tahun penjara. Ia dijerat pasal 81 dan 82 UU No 23 tahun 2003 tentang Perlindungan Anak. Ia dituduh melakukan pelecehan seksual dengan seorang siswa di bawah umru berinisial SWD. (gds/asy)

http://jkt1.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/09/tgl/19/time/134212/idnews/831930/idkanal/10

No comments: