Tuesday, July 10, 2007

Dilecehkan, 'Soraya' Protes Ketua Komisi A DPRD Jatim

Senin, 09/07/2007 11:01 WIB

Irawulan - DetikSurabaya

Surabaya - Forum Solidaritas Jurnalis Surabaya (Forum Soraya) memprotes sikap Ketua Komisi A DPRD Jawa Timur Sabron Djamil Pasaribu. Sabron di nilai Forum Soraya melakukan pembatasan dan pengekangan pers dengan menghalang-halangi jurnalis untuk memperoleh informasi.

Koordinator Forum Soraya Hasan Sentot mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Jumat 6 Juli lalu, saat beberapa jurnalis dari media elektronik dan cetak meliput keberangkatan rombongan Komisi A DPRD Jatim ke Belanda. Saat itu dia hendak diwawancarai tentang keberangkatannya ke Negeri Kincir Angin, tetapi Sabron malah menghardik para wartawan.

"Dengan nada menghardik, dia mengatakan wartawan kampungan serta melarang wartawan untuk mengambil gambar," kata Hasan Sentot, Senin (9/7/2007).

Menurut Hasan, sikap ini jelas-jelas melanggar kemerdekaan pers dalam mencari, memperoleh dan menyebarluaskan informasi. Tindakan itu kata pria berkacamata ini sangat disesalkan.

"Kita meminta badan kehormatan DPRD Jatim untuk memberi peringatan tegas pada Sabron. Dia harus meminta maaf secara terbuka di media cetak dan elektronik," tegas Hasan. (wln/bdh)

No comments: