Thursday, July 12, 2007

Mundurnya Zaenal Jadi Bola Liar Reshuffle Pimpinan DPR

Mundurnya Zaenal Jadi Bola Liar Reshuffle Pimpinan DPR

Jakarta - Rencana Zaenal Maarif meninggalkan DPR dapat menjadi bola liar untuk memunculkan wacana reshuffle pimpinan DPR. Banyak posisi pimpinan DPR yang terancam jika Zaenal mundur sebagai wakil ketua.

"Kalau Zaenal Maarif diganti bisa menjadi bola liar. Apalagi sebelumnya sudah pernah muncul wacana kocok ulang pimpinan DPR," analisis Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari, pada detikcom, Kamis (12/7/2007).

Qodari lalu merunut proses terpilihnya Zaenal pada 2004 silam. Kala itu persaingan calon pimpinan DPR terbagi dalam dua paket yaitu dari Koalisi Kebangsaan dan Koalisi Kerakyatan. Koalisi Kebangsaan terdiri dari Golkar, PDIP, PKB dan PBR. Sedang lawannya adalah PD, PKS, PPP dan PAN. Koalisi Kebangsaan menang sehingga Zaenal Maarif pun menduduki kursi wakil ketua DPR dari PBR.

Menurut Qodari, jika salah satu wakil ketua tersebut mundur, maka koleganya yang lain dari satu paket, harus turut mundur juga. "Kalau satu orang keluar berarti satu paket ini gugur," ujarnya.

Qodari melihat Zaenal sebagai tokoh yang penuh kontroversi. Langkahnya yang dulu sempat mau pindah ke PDIP, dinilai sebagai hal yang keliru.

"Kalau mencari suaka mesti yang partainya sewarna, seperti PPP, dan PKS. Saya kira itu akan mudah diterima. Saya kira dia kehabisan akal dan lebih baik mundur," ujarnya. (mly/nrl)

(news from cache) - Reload from Original

http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/07/tgl/12/time/093517/idnews/803912/idkanal/10

No comments: