Monday, May 07, 2007

HOS Tjokroaminoto

Hadji Oemar Said Tjokroaminoto (Ponorogo, 6 Agustus 1882 –17 Desember 1934) adalah seorang pemimpin organisasi Sarekat Islam di Indonesia.Tjokroaminoto adalah anak kedua dari 12 bersaudara. Ayahnya bernama R.M. Tjokroamiseno, salah seorang pejabat pemerintahan pada saat itu. Kakeknya, R.M. Adipati Tjokronegoro, pernah juga menjabat sebagai bupati Ponorogo. Sebagai salah satu pelopor pergerakan nasional, beliau mempunyai 3 murid yang yang selanjutnya memberikan warna bagi sejarah pergerakan Indonesia, yaitu Semaun yang sosialis, Soekarno yang nasionalis, dan Kartosuwiryo yang agamis.Pada bulan Mei 1912, Tjokroaminoto bergabung dengan organisasi Sarekat Islam.

Beliau dimakamkan di TMP Pekuncen, Yogyakarta. Salah satu kata kata mutiara beliau yang masyhur : " Setinggi-tinggi Ilmu, semurni-murni tauhid, sepintar-pintar siasat

1 comment:

Fari said...

Jakarta, Aktual.com – Sekretariat Nasional (Seknas) Jaringan Organisasi Komunitas Warga Indonesia (Jokowi) minta Presiden Joko Widodo segera mereshuffle dua menteri.

Yakni Menko Perekonomian yang saat ini dijabat oleh Sofyan Djalil, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dijabat Rini Sumarno.

Untuk posisi Menko Perekonomian, Seknas menyebut nama Rizal Ramli sebagai sosok yang pas gantikan Sofyan.

Alasannya, Seknas menilai posisi Menko Perekonomian harus dipegang oleh orang yang paham ekonomi kerakyatan. Rizal dinilai sebagai sosok yang mengerti akan hal itu.

BACA SELENGKAPNYA DI :
Seknas Jokowi Anggap Rizal Ramli Pas Gantikan Sofyan Djalil