Wednesday, August 22, 2007

Agen Ucok Pernah Jadi Wartawan dan Aktif di PRD

2007-08-22 12:25:00


Nograhany Widhi K - detikcom

Jakarta - Agen Badan Intelijen Negara (BIN) bernama Raden Muhammad Patma Anwar alias Ucok alias AA alias Empe membantah pernah aktif di Kontras. Dia hanya aktif di Partai Rakyat Demokratik (PRD).

"Tidak, saya aktifnya di PRD, tidak pernah di Kontras," kata Ucok dalam sidang PK kasus Munir di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jl Gajah Mada, Rabu (22/8/2007).

Ucok menjelaskan, dia menjadi anggota BIN yang dulunya bernama Badan Koordinasi Intelijen Negara (BAKIN), diangkat seseorang bernama Ali.

"Awalnya, saya disuruh mencari bukti-bukti kegiatan LSM dan penggalangan dananya," kata Ucok.

Sebelum menjadi agen di BAKIN, dia mengaku berprofesi sebagai wartawan. "Saya dulu wartawan di majalah Misteri," ujarnya menjawab pertanyaan ketua majelis hakim Andriani Nurdin.

Pria yang mengenakan safari warna kuning ini mengaku tidak mengenal Munir, namun dia mengetahui siapa aktivis HAM itu. "Saya tahunya Munir dari kegiatan di YLBHI. Tahunya dari orang sekeliling," ujarnya.

Dia pun mengaku tidak pernah membikin proposal untuk sesuatu yang dia istilahkan 'mengkondisikan' Munir. Perintah itu dia peroleh dari atasannya yang bernama Sentot.

"Saya tahu Sentot itu anggota BAKIN, saya lihat kartu anggota," jelas Ucok yang mengaku lupa kapan diberhentikan dari anggota BAKIN.
(fiq/umi)

http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/08/tgl/22/time/122556/idnews/820200/idkanal/10

No comments: