Tuesday, August 21, 2007

FPG: Interpelasi Lapindo Gagal, Ini yang Terbaik

Muhammad Nur Hayid - detikcom

Jakarta - DPR gagal menyepakati usulan interpelasi Lapindo dalam rapat paripurna. Ketua FPG Priyo Budi Santoso menilai hal ini merupakan hasil terbaik.

"Ini yang terbaik dengan mengefektifkan tim pengawas, jadi biar tim bekerja dulu baru kita evaluasi," kata Priyo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (21/8/2007).

Menurut Priyo, interpelasi tidak akan menyelesaikan permasalahan akibat luapan lumpur yang sudah ada selama ini. Karena interpelasi cuma meminta jawaban dari presiden.

"Setelah pertanyaan dijawab presiden, sudah selesai. Sementara penanganan persoalan Lapindo tidak selesai dalam satu dua hari," cetus Priyo.

Untuk itu, Priyo meminta semua pihak membiarkan tim pengawas yang dibentuk bekerja terlebih dulu. "Jika dalam waktu 3 bulan tim pengawas DPR menemukan hasil yang belum signifikan dalam penanganan Lapindo, baru usul interpelasi dilakukan," ujarnya.

Sementara Ketua FPDIP Tjahjo Kumolo mengaku dapat memahami hasil paripurna yang menggagalkan interpelasi Lapindo. "Ya kita kasih kesempatan dulu kepada tim untuk melihat hasil penanganan," tukas Tjahjo.

Tanggapan berbeda dilontarkan anggota FKB Ario Widjanarko. Dia mengaku sangat kecewa dengan hasil paripurna dan menilai DPR telah menyakiti hati ribuan warga Sidoarjo yang menjadi korban lumpur.

"Saya hanya bisa bersedih. Usaha sudah kita lakukan, tapi keputusannya begini, biar rakyat yang menilai," kata anggota DPR dari daerah pemilihan Surabaya itu. (bal/sss)

http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/08/tgl/21/time/162523/idnews/819796/idkanal/10

No comments: