Friday, August 24, 2007

PDIP Menanti Jawaban Mega

Soal Capres 2009

http://gatra.com/artikel.php?id=107169
Jakarta, 24 Agustus 2007 11:10
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berharap Ketua Umum partai itu Megawati Soekarnoputri segera memberi jawaban soal pencalonannya sebagai presiden pada pemilihan umum (pemilu) 2009.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Pramono Anung, di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Jum`at (24/8), mengatakan, PDIP berharap Megawati dapat memberi jawaban pada rakernas yang akan digelar PDIP di Jakarta, awal September 2007.

"Kami tentu berharap Ibu Mega segera memberi jawaban. Karena makin tidak segera jawaban itu (diberikan --Red), maka akan mengganggu konsolidasi partai juga," ujarnya.

Seluruh kader PDIP di semua daerah, lanjut Pramono, sudah sepakat dan bulat mengajukan Megawati sebagai calon presiden untuk pemilu 2009.

Rakernas, menurut Pramono, akan dihadiri oleh 1.800 peserta yang terdiri atas pengurus PDIP di tingkat provinsi dan kabupaten. Acara rakernas akan ditutup dengan rakornas pada 10 September 2007 di PRJ Kemayoran, Jakarta, yang akan dihadiri oleh 14.800 peserta.

"Pesertanya bukan massa. Tapi kader seluruh kepala daerah, anggota legislatif dari PDIP, seluruh ketua pengurus tingkat provinsi dan kabupaten, sampai ketua tingkat kecamatan. Acara seperti ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh partai politik di Indonesia," papar Pramono.

Ia juga mengatakan, acara yang akan dibuka Megawati sebagai Ketua Umum Partai itu merupakan konsolidasi yang dilakukan oleh PDIP.

Megawati, diharapkan dapat melihat konsolidasi dan kekuatan partai untuk menghadapi pemilu 2009, sehingga tidak ragu lagi untuk memberi jawaban pada Rakernas.

Sebagai partai oposisi, Pramono mengklaim, kader PDIP justru mendominasi kepala daerah tingkat provinsi dan kabupaten.

Di tingkat provinsi, jelas dia, kader PDIP yang menjadi kepala daerah sebanyak 19 persen, sedangkan tingkat kabupaten sebanyak 43 persen.

"Itulah uniknya. Kalau turun ke daerah, di tingkat kabupaten terlihat PDIP mendominasi," ujarnya.

Kondisi itu, menurut Pramono, menambah kepercayaan diri PDIP menghadapi pemilu 2009.

"Terlihat juga dari seringnya kader yang didukung PDIP memenangkan pilkada," imbuhnya. [EL, Ant]

No comments: