Wednesday, September 05, 2007

Arbi: Nekat Redesain Gedung DPR, Anggota DPR Sakit Jiwa

2007-09-05 15:30:00
Nurvita Indarini - detikcom Jakarta - Media massa di tanah air beberapa kali menginfokan bangunan-bangunan sekolah yang ambruk. Namun, di tengah berita-berita sekolah roboh itu, menyembul kabar Gedung DPR akan diredesain.

"Kalau sampai mau bangun (gedung) lagi, itu orang DPR sudah bukan manja lagi, tapi sakit jiwa. Gila," cetus pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Arbi Sanit saat berbincang dengan detikcom, Rabu (5/9/2007).

Menurut dia, segala macam produk hukum maupun kebijakan tidak ditentukan dengan tingkat kenyamanan. Namun, semua itu ditentukan dengan kapabilitas dan komitmen dari pihak-pihak yang menyusun produk tersebut.

"Rakyat jangan jadi alasan. Jangan karena alasannya rakyat, jadi bisa minta banyak-banyak. Daripada buat bangun lagi gedungnya kan mendingan buat bangun SD dan SMP yang pada ambruk itu," imbuh pria berkucir ini.

Dia menambahkan, tidak seharusnya anggota dewan membandingkan kenyamanan ruang kerjanya dengan anggota parlemen negara lain.

"Lha kita ini penghasilannya berapa, masih kere kok. Sebelum minta dilapangkan ruang kerjanya, lapangkan dulu penghasilan rakyat. Sebelum itu dijalankan, tidak berhak mereka bangun gedung. Kalau bangun juga, berarti tidak punya hati nurani dan akal sehat," pungkas Arbi. (nvt/nrl)

http://jkt1.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/09/tgl/05/time/153053/idnews/826044/idkanal/10

No comments: