Monday, September 03, 2007

Terlibat Skandal Uang, Menteri Pertanian Jepang Mundur

03/09/2007 18:42

Liputan6.com, Tokyo: Takehiko Endo, Menteri Pertanian Jepang mengundurkan diri karena terlibat skandal uang di sebuah kelompok petani. Padahal, Endo baru memangku jabatan sepekan silam. Pengunduran diri Endo ini menadi pukulan baru bagi Perdana Menteri Shinzo Abe, tepat seminggu setelah ia merombak kabinet dengan harapan dapat membersihkan citra pemerintah.

Seperti dilansir Antara, Endo mengajukan permohonan pengunduran dirinya di tengah-tengah ancaman satu kelompok oposisi yang lebih berani menyampaikan pelanggaran keuangan di Parlemen. Pria berusia 68 tahun itu mengakhiri masa jabatan yang terpendek dalam catatan seorang menteri Jepang. "Saya meminta maaf bahwa saya tidak dapat memenuhi harapan-harapan PM Abe, yang berusaha memperbarui sentimen masyarakat untuk melanjutkan reformasi," kata mantan anggota Parlemen dari Partai Demokrat Liberal (LDP) itu kepada wartawan.

Endo mengaku melakukan pelanggaran etik yang melibatkan bantuan pemerintah dan dana politik yang terungkap segera setelah ia memulai tugasnya. Sabtu silam, ia mengakui bahwa satu kelompok petani yang dipimpinnya secara tidak sah menerima 1,15 juta yen atau senilai US$ 9.900 dari negara. Dan ia tidak melaporkan kepada Abe sebelum pengangkatannya.(ANS/Liputan6)

No comments: