Monday, September 03, 2007

Incar Suara Nahdliyin, Pengurus PAN Diminta Pakai Sarung

2007-09-03 13:46:00

Iqbal Fadil - detikcom

Jakarta - PAN mengincar pemilih potensial di luar anggota Muhammadiyah. Ketua umum partai berlambang matahari terbit itu pun meminta pengurus memakai sarung saat menghadiri acara-acara tertentu.

"Kita instruksikan agar pengurus-pengurus PAN di daerah, cabang dan ranting memiliki pengetahuan-pengetahuan dan menyesuaikan dengan budaya setempat. Tiap hadir ke acara santri ya pakai sarung," kata Soetrisno Bachir.

Hal itu disampaikan dia dalam jumpa pers di Silaturahmi Nasional Kader Legislatif dan Eksekutif PAN di Hotel Sahid, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (3/9/2007).

Soetrisno mengatakan, pemakaian kain sarung tersebut merupakan salah satu cara untuk menarik simpati kaum nahdliyin. Selama ini, lanjutnya, suara kaum nahdliyin kebanyakan mengalir ke PKB.

Soetrisno mengkategorikan tipe pemilih di Indonesia ada tiga macam. Pemilih pertama adalah nahdliyin yang sebagian besar suaranya mengalir ke PKB, kedua marhaenis yang memiliki kaitan dengan PDIP dan yang ketiga Muhammadiyah.

"Kita tidak bisa hanya mengandalkan suara dari Muhammadiyah saja. Untuk itu diperlukan penyesuaian dengan budaya-budaya setempat," ujarnya. (ken/nrl)

http://jkt1.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/09/tgl/03/time/134622/idnews/824907/idkanal/10

No comments: