Sunday, September 09, 2007

Gus Dur Luncurkan Buku & Tumpengan di Wahid Institute

2007-09-08 22:57:00

Muhammad Nur Hayid - detikcom

Jakarta - Peluncuran 5 buah buku menandai ulang tahun Wahid Institute yang ke-3. Selain itu organisasi yang didirikan mantan presiden ini pun menggelar tumpengan.

Beberapa tokoh tampak hadir dalam kesempatan ini seperti mantan Panglima TNI Wiranto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Muslim Abdurrahman, dan Wimar Witoelar. Acara digelar di Kantor Wahid Institute di Jl Taman Amir Hamzah, Matraman, Jakarta, Sabtu (8/9/2007).

Buku-buku yang diluncurkan tersebut yakni 'Islam Kosmopolitan' yang ditulis Gus Dur, 'Politisasi Agama dan Konflik Komunal' ditulis ahmad Suaibi, '2 Wajah Islam' ditulis Stephen Sulaimana S, 'Gus Dur Kebenaran dari pada Kekuasaan' ditulis H Syarif Usman Yahya, dan 'Gus Dur Ayik Gitu Loh' yang ditulis penulis muda pesantren Maya Rosida.

Dalam pidatonya Gus Dur meminta agar Wahid Institute mengawal pluralisme dan anti diskriminasi di tengah kondisi bangsa yang semakin tidak ramah.

"Semua orang merasa benar sehingga melakukan apa sesuai keyakinannya. Padahal masing-masing diantara kita berbeda dan Wahid Institute harus menjaga pluralisme karena itu hakiki kehidupan," jelas Gus Dur.

Sedang Direktur Wahid Institute Yenny Wahid menegaskan bahwa lembaganya akan terus mendorong pluralisme di tengah kondisi bangsa yang penuh kekerasan.

"Selain mendorong terus pluralisme untuk menciptakan perdamaian kita juga akan terus mensosialisasikan gagasan Gus Dur tentang anti diskriminasi perdamaian dan pluralisme," jelasnya.

Tambah lagi oragnisasinya akan membeikan beasiswa bagi tingkat SMP hingga perguruan tinggi yang diberi nama beasiswa Rianto.

"Kita menggunakan istilah beasiswa Rianto karena dia anggota banser yang meninggal saat menjaga gereja, nama itu kita pakai sebagai simbol pendidikan dan untuk pluralisme dan toleransi," tandas Yenny. (ndr)

http://jkt1.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/09/tgl/08/time/225717/idnews/827402/idkanal/10

No comments: