Monday, September 10, 2007

Master Plan Redesain Gedung DPR Selesai Bulan Ini

2007-09-10 16:57:00
Jakarta - Sekjen DPR Faisal Djamal akhirnya buka suara tentang anggaran Rp 40 miliar yang mencuat dalam wacana redesain Gedung DPR. Menurut dia, kepastian penggunaan dana baru akan terjawab setelah master plan redesain selesai dibuat.

"September ini akan kita selesaikan master plan soal redesain, karena masih banyak usulan terkait hal itu," kata Faisal Djamal dalam konferensi pers di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (10/9/2007).

Menurut Faisal, anggota DPR sudah memberikan usulan untuk redesain Gedung DPR sejak tahun 2006. Redesain diperlukan untuk memberi tempat bagi usulan
penambahan tenaga ahli, kemungkinan ada penambahan anggota DPR dan perlunya ruang untuk berdemonstrasi.

Namun, agar pembangunan tidak tambal sulam, perlu dibahas secara mendalam. "Grand design ini untuk 15-25 tahun ke depan, tentu tidak akan merusak estetika dan simbol-simbol yang sudah ada, serta tetap mempertahankan komposisi 30 bangunan dan 70 lahan kosong," jelas Faisal yang hadir berdua bersama Ketua DPR Agung Laksono.

Saat ditanya akan digunakan untuk apa saja biaya Rp 40 miliar, Faisal belum dapat menjelaskan karena belum ada master plan. Namun dia meyakinkan pembuatan master plan tidak lebih dari Rp 5 miliar.

"Kita sudah menjelaskan pada panitia kerja (panja) Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) dan pada pimpinan. Setelah master plan selesai baru kita putuskan mana yang akan kita dahulukan," ujarnya.

Ketua DPR Agung Laksono meminta kepada Sekjen untuk mempercepat pembuatan master plan. Hal ini penting untuk dapat menjawab pertanyaan publik tentang redesain.

"Kita minta kepada Sekjen selaku pengguna anggaran untuk secepatnya membuat master plan agar semua jelas penggunaannya," ujar Agung.
(ptr/nrl)

http://jkt1.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/09/tgl/10/time/165735/idnews/828008/idkanal/10

No comments: