Monday, September 10, 2007

Mari Alkatiri Sambangi PKS

Fitraya Ramadhanny - detikcom

Jakarta - Mantan Perdana Menteri (PM) Timor Leste Mari Alkatiri menyambangi kantor DPP PKS. Alkatiri ingin menjalin hubungan erat dengan berbagai parpol di Indonesia.

Sekjen Partai Fretilin Timor Leste ini datang ke Indonesia atas undangan PP Muhammadiyah untuk memberikan kuliah umum di Centre for Dialog and Corporation Among Civilization pada 11 September 2007.

Alkatiri menyempatkan diri untuk mampir ke kantor DPP PKS dan diterima oleh Presiden PKS Tifatul Sembiring. Alkatiri didampingi 5 anggota Partai Fretilin tiba di kantor DPP PKS, Jl Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (10/9/2007) sekitar pukul 14.00 WIB.

"Partai kami ingin menjalin hubungan erat dengan berbagai pihak di Indonesia. Kami membuka diri untuk uluran tangan sahabat-sahabat kami. Saya ingin menyampaikan pesan ke masyarakat Timor Leste bahwa kami akan bisa mengatasi krisis dan kembali hidup normal," kata Alkatiri dengan bahasa Portugal yang telah diterjemahkan.

Menurut dia, siapa pun pemimpin Timor Leste harus menjalin hubungan baik dengan Indonesia. Dia menampik tudingan beberapa pihak di Timor Leste yang menilai kedatangannya ke Indonesia untuk menjelek-jelekkan pemerintah Timor Leste.

"Banyak yang menilai begitu. Saya ke sini bukan untuk menjelek-jelekkan pemerintah, tetapi untuk kepentingan bersama," kata Alkatiri yang terbalut batik warna merah.

Alkatiri menjelaskan rakyat Timor Leste kini hidup harnomi. 3.000 Warga muslim di Timor Leste hidup berdampingan di antara 1 juta rakyat Timor Leste yang beragama Katolik.

"Saya adalah muslim pertama yang pernah menjadi perdana menteri. Artinya, rakyat kami menerima siapa pun sebagai pemimpin mereka," kata Alkatiri.

Presiden PKS Tifatul Sembiring menyambut positif rencana Fretilin menjalin hubungan antarpartai. Tifatul berharap masyarakat Timor Leste bisa mewujudkan keamanan dan ketertiban di negaranya.

"Hubungan kerjasama antarpartai itu bagus-bagus saja. Kami juga ingin membuka komunikasi dengan siapa saja. Ini juga bagian dari silaturahmi," ujarnya. (aan/sss)

(news from cache) - Reload from Original

http://jkt1.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/09/tgl/10/time/152640/idnews/827987/idkanal/10

No comments: